Mengemudikan Pesawat Hanya dengan Pikiran

Sumber Gambar: DW Indonesia

Peneliti mulai mengembangkan teknologi yang nantinya bisa mengubah hidup orang cacat/disablitias, yaitu dengan mengembangkan pembacaan pikiran. Hal ini dengan cara membaca aktifitas elektrik di otak. Kemudian sinyal-sinyal disalurkan ke komputer untuk diolah, sehingga menjadi gerakan kursor yang dapat dilihat di layar. Sistem ini mengharuskan penggunanya untuk memperbanyak latihan, karena semakin banyak latihan, akan menjadikannya lebih akurat yang nantinya seperti orang yang mengemudikan mobil. Pengguna juga diharuskan menggunakan penutup kepala khusus yang banyak sensornya, fungsinya untuk membaca aktifitas elektrik dari otak. Semua orang dapat belajar, tapi tergantung kemampuan belajar orang tersebut.

BACA JUGA: Metode Baru Peneliti Jerman untuk Mengetahui Efek dari Rekayasa Genetika Pada Tumbuhan Pangan dan Cara Merawat Tanaman

Penutup Kepala Khusus untuk membaca pikiran
(Sumber Gambar DW Indonesia)

Teknologi ini sudah diuji untuk mengemudikan drone dari darat.  Teknologi ini juga sudah diuji disimulator pesawat besar. Para peneliti meyakini, bahwa teknologi ini akan membantu menyederhanakan panel kendali, mempercepat waktu latihan untuk para pilot dan bahkan dapat memungkinkan para penyandang disabilitas bisa jadi pilot.

Pengembangan teknologi ini dimasa depan tidak hanya berkutat dipengendalian pesawat tapi juga dapat mengendalikan alat-alat lain seperti kursi roda, peralatan-peralatan rumah seperti menghidupkan atau mematikan lampu, atau alat elektronik lainnya, mengontrol tangan dan kaki palsu.

BACA JUGA: DRONE "HOPE" PERTANIAN KARYA ANAK BANGSA

Sumber: DW Indonesia

Kerjasama:
https://linktr.ee/robotikid

Youtube: https://www.youtube.com/robotikid
Instagram: https://www.instagram.com/robotikid/
Facebook: https://www.facebook.com/RobotikID/
Website: https://www.robotikindonesia.com/
Tokopedia: http://tokopedia.com/instrumentrobot

Post a Comment

0 Comments