Struktur Pemrograman Arduino IDE | Belajar Arduino dari Dasar

Struktur Pemrograman Arduino IDE | Belajar Arduino dari Dasar


Struktur pemrograman yang ada di Arduino IDE secara garis besar terbagi menjadi beberapa bagian seperti gambar di atas. yaitu :
1. Header  
2. Deklarasi Variabel
2. Setup
3. Loop

1. Header

Header berisi library yang kita butuhkan. Library-library dasar yang ada dalam pemrograman bahasa C, sudah terinput otomatis dalam Arduino IDE. Library dasar seperti stdio.h, stdlib.h, math.h, kemudian library mikrokontroler yang digunakan dan masih banyak lagi. Sehingga, ketika memprogram di Arduino IDE dan perlu library-library dasar sudah tidak perlu dipanggil lagi di bagian header. 

Library yang sifatnya pengembangan, yang tidak termasuk library dasar maka harus dipanggil dibagian header. Misal library untuk LCD 16x2, HCSR04, dan masih banyak lagi. Cara menulisnya sebagai berikut:


2. Deklarasi Variabel

Deklarasi variabel yang dimaksud yaitu variabel global, yaitu variabel yang bisa digunakan diseluruh bagian program ini. Variabel terbagi menjadi dua, yaitu global dan lokal. Untuk deklarasi variabel global terletak dibagian ini, tetapi untuk variabel lokal maka dideklarasikan ditiap awal fungsi/prosedur dimana variabel tersebut digunakan.

Cara penulisannya deklarasi variabel global sebagai berikut:




Cara penulisannya deklarasi variabel lokal sebagai berikut:



3. Setup 

Pada bagian ini, digunakan untuk mengkonfigurasi / mengatur mikrokontroler supaya sesuai kebutuhan pengguna. Pada dasarnya pin-pin yang ada pada mikrokontroler bisa digunakan sebagai masukan (input) atau keluaran (output), baik digital maupun analog. Maka, mikrokontroler harus diatur sebelum digunakan sesuai kebutuhan.

Kegunaan lainnya yaitu untuk menjalankan program yang hanya sekali dijalankan seperti tampilan awal program, atau init. Cara menulisnya sebagai berikut:




4. Loop

Bagian Loop merupakan bagian yang isinya program utama yang akan dijalankan berulang-ulang. Program yang dijalankan sampai sumber tenaga (power supply) dicabut.

Jika ingin membuat program menghidupkan LED yang dirangkai active low, maka sebagai berikut cara penulisan programnya.




Baca materi selanjutnya ==>

Terima Kasih, jika masih ada pertanyaan, tulis di kolom komentar.


Youtube : https://www.youtube.com/robotikid
IG : https://www.instagram.com/robotikid/
FB : https://www.facebook.com/RobotikID/
Twitter : https://www.twitter.com/robotik_id
Web : https://www.robotikindonesia.com
Line : http://line.me/ti/p/~@464phkow
Tokopedia : http://tokopedia.com/instrumentrobot
Telegram : http://t.me/DiskusiRobotikID
WA : http://bit.ly/2NLWqtk

Post a Comment

0 Comments